Berapa Lama Blog Terindex Google
Ada banyak artikel yang diberi judul ‘cara agar blog terindex cepat oleh Google’ atau ‘cara cepat untuk menempati page rank pertama pada Google search’. Tidak ada yang salah, bahkan trik-trik yang diberikan sepenuhnya benar dan bukan trik bohongan. Sebuah artikel dari blog baru dibuat tidak akan muncul secara instan di mesin pencarian Google dan lainnya, dan jika blog nya ingin dengan mudah dan cepat ditemukan oleh orang lain, ada solusinya, yakni share di media sosial.
Bagi Anda yang sudah lama berada di dunia blogging dan SEO mungkin sudah tahu rahasia dari cara agar artikel website terindex Google dengan cepat tanpa backlink ini. Tetapi bagi yang baru mulai dan mengalami kendala artikel website atau blog tidak terindex Google maka cara yang kami sampaikan berikut ini semoga bisa menjadi solusi untuk Anda.
Ya, sudah melancarkan berbagai macam strategi namun mengapa situs web atau blognya tidak kunjung terindex. Bahkan mungkin sudah mencari-cari sampai halaman Google search ke 5 hingga ke 10 tetap juga tidak menemukan. Yang perlu dilakukan adalah terus berusaha mengoptimisasi, gunakan segala macam trik selama masih belum melanggar algoritma Google dan bukan termasuk SEO black hat.
Setiap platform blog atau website memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Misalnya pada blogger, blog yang baru dibuat di blogger akan bisa tampil di halaman pertama google hanya dalam hitungan hari. Tidak ada formula ajaib agar website masuk peringkat atas di Google dan tak ada siapapun yang bisa memberitahu Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk masuk peringkat pertama. Tapi berdasarkan pengalaman, ada beberapa faktor yang memiliki peran penting dan ini yang akan kami jelaskan pada artikel ini.
Berdasarkan mutu webmaster google, sebuah blog baru akan muncul di halaman mesin pencarian google setelah mencapai umur 1-3 bulan.Sebuah blog baru dengan usia satu bulan sepertinya sudah bisa teindeks dengan baik di mesin pencarian google tapi blog tersebut harus menambahkan konten artikel baru dan berkualiatas setiap hari.
Dan bila jarang update besar kemungkinan, 90 hari atau 3 bulan, beberapa dari artikel yang ada di blog nya baru akan muncul di halaman mesin pencarian google. Mesin pencari yang paling terkenal saat ini adalah google, tak heran banyak para blogger yang menargetkan dan lebih fokus untuk mendatangkan visitor dari google. Untuk itu mereka dengan segera membuat artikel lalu menerapkan optimasi yang mengarah pada google agar cepat terindex. Namun menjadi sebuah pertanyaan bagi para blogger jika artikel yang di buatnya belum juga terindex di google saat ia mencarinya dengan kata kunci yang ditargetkan. Lalu muncul di benak, kok lama sekali ya artikel saya di index google, waktunya berapa lama sih ?
Dan jika kalian mengecek artikel di google dan belum muncul berarti artikel belum terindex dikarenakan kurangnya optimasi SEO pada penulisan artikel kalau ingin mengecek artikel kalian silakan ketik: site:UrlBlog. Google berulang kali mengungkapkan kalau mereka menggunakan lebih dari 255 faktor di algorithma peringkat.
1. Konten yang relevan
Pastikan konten website yang Anda buat dapat dimengerti serta dibaca oleh bot / spider Google. Inilah mengapa Google mengkehendaki sebuah konten yang relevan dan sesuai dengan judul. Yang perlu Anda ingat adalah Google bot lebih senang “membaca teks” dan cukup sulit untuk mendeteksi gambar atau konten flash maupun javascript. Bahkan mungkin memang tidak bisa mendeteksi konten non teks, itulah mengapa gambar harus diberikan keyword dan alt teks. Jadi untuk mempercepat pengindexan sebuah halaman harus memiliki lebih banyak “teks” agar dapat dibaca oleh bot/spider.
Secara gamblang saja, banyak sekali artikel di internet mempunyai pembahasan yang sama walaupun diubah dengan bahasa yang sedemikian rupa. Tapi belum tentu jika di tanya di kolom komentar mempunyai jawaban yang sama, nah terlihat lucu kan? Yang A bilang ini, dan yang B bilang itu. Padahal topik pembahasannya sama.Itu yang saya maksud dengan konten yang relevan menurut definisi saya, dengan kata lain konten yang dibuat dengan asal-asalan tanpa mengerti dengan jelas makna sebenarnya.
2. Kata Kunci Judul Blog
Ada kompetisi yang ketat, terutama untuk kata kunci yang paling populer, jadi Anda perlu selektif dalam memilih kata kunci yang ingin Anda masukkan ke peringkat. Bila Anda memilih kata kunci populer dengan keyakinan cara ini akan membuat traffic lebih banyak, kemungkinan Anda tidak akan mendapat hasil yang baik, kecuali Anda memiliki website yang sangat kuat dan terpercaya.
Setiap kata kunci yang anda bidik untuk artikel blog anda, disarankan kata kunci tersebut harus anda letakan di judul artikel postingan blog yang bersangkutan, kemudian kata kunci yang anda bidik disarankan diletakan di awal suku kata.
Bila Anda blogger atau webmaster biasa, Anda akan memiliki website baru tanpa profil penulis yang kuat dan hanya ada beberapa tautan saja ke website Anda, maka meski Anda menulis konten terbaik tapi memilih judul yang salah, Anda tidak akan masuk peringkat sama sekali, setidaknya dalam jangka waktu pendek. Judul halaman sangat penting terutama untuk website yang tidak begitu kuat.
Memiliki judul yang teroptimasi oleh SEO lebih penting dari yang Anda kira. Judul SEO akan membantu Anda masuk peringkat lebih cepat dibanding judul yang tidak teroptimasi. Tapi yang harus Anda lakukan adalah menargetkan kata kunci dengan kompetisi rendah hingga Anda mendapat peringkat tinggi untuk kata kunci tersebut lalu coba kata kunci yang populer. Peringkat tinggi untuk kata kunci dengan kompetisi rendah akan membuat Anda memperoleh traffic dan tautan dari website lain, dan ini perlahan membuat website Anda lebih kuat dan bisa masuk peringkat untuk istilah yang lebih penting.
Banyak pakar seo yang menganggap peletakan kata kunci sekitar 100 kata pertama paragrap pertama, bisa memberikan sinyal relevansi yang baik dimata mesin pencari, namun google ranking faktor terutama yang berkaitan dengan Keyword Prominence, sangat menyarankan bahwa kata kunci sebaiknya ada disetiap paragrap atau ada disetiap 100 kata dengan begitu, sinyal relevansi antara kata kunci yang dicari dengan artikel relevan blog anda akan semakin kuat. Penempatan kata kunci sebaiknya tidak terlalu diulang-ulang didalam artikel, karena ini bisa dianggap Spam oleh robot indexs Google. Cukup menempatkan kata kunci di tiga tempat saja, yakni bagian awal, tengah, dan akhir artikel.
3. Halaman yang Disukai Google
Faktor ketiga untuk mempercepat terindexnya halaman kita oleh mesin pencari adalah apakah konten dari posting situs sudah Crawl-able atau sesuai standar Google. Jika tidak sesuai standar Google atau tidak disukai oleh Google jangan harap untuk cepat terindex apalagi masuk pagerank utama.
Entah ada hubungannya atau tidak, tapi Google tidak sudah dengan daun muda, ia lebih suka dengan yang lebih tua. Ini bukan soal selera, tapi Google menilai dari segi kematangan. Semakin tua satu blog maka nilai matangnya akan semakin tinggi. Blog dengan umur yang sudah lama tentu punya banyak keunggulan, salah satunya jumlah postingan.
Ingat bahwa saat ini algoritma Google lebih menyukai konten yang mobile friendly, dengan akses cepat dan tidak adalah hidden link. Yang paling berbahaya adalah ketika halaman Anda menyembunyikan sebuah link sehingga tidak dapat dijangkau oleh Google bot.
Saran dari google (Google Friendly Site):
◦Berikan informasi yang dibutuhkan pengunjung dengan infomasi yang berkualitas.
◦Pastikan website lain memasang link ke website Anda. Dalam menentukan ranking, Google mengkombinasikan jumlah link yang mengarah ke website Anda (pagerank) dan isi dari website Anda.
◦Buat website yang mudah dalam hal navigasi. Semua halaman harus terhubung minimal dengan satu teks link.
◦Hindari “cloaking” atau membayar SEO service, yaitu perusahaan yang menawarkan bisa meningkatkan posisi Anda pada search engine. Banyak metode yang dilakukan oleh SEO Service melanggar ketentuan google ini.
4. Jumlah Kata Artikel
Apakah artikel website Anda mempunyai jumlah kata minimal 300 kata? JIka belum ada 300 kata silakan edit lagi artkikel website Anda dan tambahkan kata sampai lebih dari 300 kata. Makin banyak jumlah kata makin cepat artikel website Anda terindex. Panjang konten berpengaruh pada peringkat. Ada banyak bukti kalau artikel yang panjang lebih berpeluang masuk peringkat lebih tinggi dibanding artikel pendek. Untuk waktu yang dibutuhkan untuk masuk peringkat, artikel mendalam tentang sebuah topik lebih memiliki kesempatan untuk masuk peringkat lebih tinggi dibanding artikel pendek tentang topik yang sama.
Jika anda bisa meramu fokus keyword dengan sempurna, maka postingan anda sanggup mendepak postingan milik blog lain di mesin pencari meskipun jumlah artikel anda hanya sedikit sekitar 200 kata. Itulah beberapa kunci rahasia kekuatan seo onpage dalam sebuah blog.
ketika konten mencapai waktu baca tiga menit, tampilan halaman juga meningkat. Sekitar 74% pembaca memilih laman web yang mempunyai waktu baca rata-rata tiga menit sementara 94% lebih memilih artikel dengan waktu baca di bawah enam menit. Ini berarti waktu optimal dari pembaca internet sebenarnya berkisar antara tiga sampai tujuh menit. Dan dengan asumsi kecepatan baca pengguna internet adalah 150 -250 kata per menit (WPM), maka didapatkan hasil jumlah kata yang ideal untuk sebuah artikel online adalah 400-1700 kata.
5. Orisinal Konten
Artikel yang ditulis dengan sendiri lebih baik dibandingkan dengan copy paste artikel orang lain. Karena artikel yang ditulis sendiri lebih mudah terindex dibandingkan dengan mengcopy paste artikel dari tetangga sebelah.Jangan harap Anda bisa masuk peringkat di Google atau mesin pencarian lain dengan konten tidak orisinil. Ini berlaku bagi post dan website. Bila website tidak memiliki konten orisinil lalu meski Anda kemudian menerbitkan konten orisinil, tetap tidak akan membuatnya masuk peringkat.
Saya hanya sekedar bercerita bahwa ada banyak salah kaprah atau ironi dalam dunianya para blogger. Tentang hal yang terkait dengan menelurkan artikel original ini, banyak blogger berteriak betapa pentingnya menulis artikel original, bla, bla, bla... tetapi sebenarnya kalau dilihat lagi isi dari tulisan mereka bahkan tidak satupun yang benar-benar original. Kebanyakan adalah penulisan ulang saja.
Hanya itu yang ingin saya sampaikan karena saya berpendapat, jangan ajarkan orang lain melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan. Jangan ajarkan pembaca menulis sebuah artikel original, kalau ternyata diri sendiri belum pernah menulis satupun.
6. Submit Artikel ke Webmaster Tools
Google Search Console dan Webmaster Bing adalah termasuk webmaster tools, daftarkan domainmu dan Kirim sitemap xml agar mesin pencari dapat mudah mengindex website dan mengatahui artikel terbaru Anda. Apabila domain baru maka direkomendasikan untuk mendaftarkan ke webmaster tools.Jika kalian sudah selesai munulis artikel dan mempublikasinnya maka langkah selanjutnya adalah menggunakan webmaster tools untuk mensubmit artikel ke google silakan masuk ke google webmaster tools. (*Jika belum mendaftar google webmaster silakan mendaftar terlebih dahulu ke webmaster*).
cara submit artikel ke webmaster tools sangatlah mudah. Anda hanya perlu ikuti beberapa langkah berikut ini :
- Silakan Anda klik link berikut ini => https://www.google.com/webmasters/tools/googlebot-fetch
- Pada bagian Fetach as Google silakan Anda ketikkan url dari artikel yang Anda ingin agar terindex Google.
- Jika sudah klik AMBIL
- Ulangi untuk cara yang sama untuk opsi Seluler:Ponsel Cerdas
- Jika sudah maka status dari artikel website Anda menjadi “Selesai” dan di kolom sampingnya ada tombol Minta pengindeksan.
- Anda klik tombol tersebut lalu akan muncul halaman. Klik centang saya bukan robot.
- Anda pilih opsi Rayapi URL ini saja lalu klik tombol KIRIM.
- Anda pilih opsi Rayapi URL ini saja lalu klik tombol KIRIM.
- Ulangi proses yang sama untuk versi Seluer:Ponsel Cerdas
- Selesai
7. Sitemap/Peta Situs
Beberapa langkahnya adalah dengan memasukan URL situs Anda ke Search Console dengan link: https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?continue=/addurl+URL+submittal .
Pengindexan akan lebih cepat jika Anda melakukan verifikasi halaman baru ke tools semacam ini. Atau langkah lain adalah dengan membuat peta situs (sitemap), maupun pertukaran link.
Membuat Sitemap/Peta Situs agar google lebih mudah membaca dan mengindefikasi halaman artikel atau postingan artikel blog ,cara mensubmit sitemap seperti dibawah ini :
catatan : "addurl+URL+submittal" kamu isi dengan format penulisan yang ada di bawah ini.
https://namablogkamu.blogspot.com/sitemap.xml
https://namablogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default
https://namablogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss
https://namablogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=500
https://namablogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated
8. Umur Domain
Umur domain juga menjadi penentu apakah artikel kamu bisa terindex dengan cepat atau tidak. Sebuah website yang sudah berumur dan dipercaya lebih mungkin untuk memiliki peringkat lebih tinggi di hasil pencarian Google dibanding website yang lebih baru. Ini tidak berarti kalau website baru tidak bisa mencapai peringkat bagus tapi berarti akan dibutuhkan waktu lebih lama.
Kita ketahui bahwa umur domain dapat didaftarkan adsense jika sudah lebih dari 2 bulan. Begitu juga dengan website agar cepat terindex mesin pencari (google) maka semakin lama umur domain maka semakin cepat terindex. Sebuah domain dianggap baru ketika aktif selama kurang dari 6 bulan. Setelah 6 bulan Anda bisa mulai mendapat traffic dari mesin pencari. Dan dengan umur domain yang lama menunjukkan kepada pengunjung bawa domain tersebut dapat dipercaya, dengan menjaga nama baik domain sampai saat ini tetap aktif.
Sekian dulu info yang bisa saya bagikan ke teman-teman kali ini dan semoga bermanfaat.
Bagi Anda yang sudah lama berada di dunia blogging dan SEO mungkin sudah tahu rahasia dari cara agar artikel website terindex Google dengan cepat tanpa backlink ini. Tetapi bagi yang baru mulai dan mengalami kendala artikel website atau blog tidak terindex Google maka cara yang kami sampaikan berikut ini semoga bisa menjadi solusi untuk Anda.
Berapa lama artikel blog terindex google ?
pertanyaan ini mungkin sering di lontarkan oleh para blogger yang masih pemula dan belum mengenal jauh tentang dunia blogging. Mengenai berapa lama artikel pada blog sobat bisa di index oleh mesin pencari google kali ini kita akan membahas hal tersebut. Ketika kalian menganti atau menggubah alamat domain dari blogspot ke com. ketika selesai menulis artikel dan mempublikan ke google biasanya artikel akan terindex secara otomatis dalam waktun 24 jam, 2 hari, 1 minggu bahkan lebih dari 1 bulan baru bisa terbaca dimesin pencari dan semua itu tergantung dari kualitas artikel.Ya, sudah melancarkan berbagai macam strategi namun mengapa situs web atau blognya tidak kunjung terindex. Bahkan mungkin sudah mencari-cari sampai halaman Google search ke 5 hingga ke 10 tetap juga tidak menemukan. Yang perlu dilakukan adalah terus berusaha mengoptimisasi, gunakan segala macam trik selama masih belum melanggar algoritma Google dan bukan termasuk SEO black hat.
Setiap platform blog atau website memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Misalnya pada blogger, blog yang baru dibuat di blogger akan bisa tampil di halaman pertama google hanya dalam hitungan hari. Tidak ada formula ajaib agar website masuk peringkat atas di Google dan tak ada siapapun yang bisa memberitahu Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk masuk peringkat pertama. Tapi berdasarkan pengalaman, ada beberapa faktor yang memiliki peran penting dan ini yang akan kami jelaskan pada artikel ini.
Berdasarkan mutu webmaster google, sebuah blog baru akan muncul di halaman mesin pencarian google setelah mencapai umur 1-3 bulan.Sebuah blog baru dengan usia satu bulan sepertinya sudah bisa teindeks dengan baik di mesin pencarian google tapi blog tersebut harus menambahkan konten artikel baru dan berkualiatas setiap hari.
Dan bila jarang update besar kemungkinan, 90 hari atau 3 bulan, beberapa dari artikel yang ada di blog nya baru akan muncul di halaman mesin pencarian google. Mesin pencari yang paling terkenal saat ini adalah google, tak heran banyak para blogger yang menargetkan dan lebih fokus untuk mendatangkan visitor dari google. Untuk itu mereka dengan segera membuat artikel lalu menerapkan optimasi yang mengarah pada google agar cepat terindex. Namun menjadi sebuah pertanyaan bagi para blogger jika artikel yang di buatnya belum juga terindex di google saat ia mencarinya dengan kata kunci yang ditargetkan. Lalu muncul di benak, kok lama sekali ya artikel saya di index google, waktunya berapa lama sih ?
Dan jika kalian mengecek artikel di google dan belum muncul berarti artikel belum terindex dikarenakan kurangnya optimasi SEO pada penulisan artikel kalau ingin mengecek artikel kalian silakan ketik: site:UrlBlog. Google berulang kali mengungkapkan kalau mereka menggunakan lebih dari 255 faktor di algorithma peringkat.
Bagaimana Caranya Agar Postingan Dapat Terindex Google?
Jika pertanyaannya adalah Bagaimana postingan dapat terindex walaupun website baru, jawaban saya mungkin sebagai jawaban untuk anda. Tidak lama google mengindex dan merayapi website melalui postingan terbaru. Hanya dibutuhkan 10 menit google mengindex dan memposisikan website kita dengan judul yang kita buat. Caranya bagaimana? Berikut beberapa faktor penentu agar postingan dapat terindex google :1. Konten yang relevan
Pastikan konten website yang Anda buat dapat dimengerti serta dibaca oleh bot / spider Google. Inilah mengapa Google mengkehendaki sebuah konten yang relevan dan sesuai dengan judul. Yang perlu Anda ingat adalah Google bot lebih senang “membaca teks” dan cukup sulit untuk mendeteksi gambar atau konten flash maupun javascript. Bahkan mungkin memang tidak bisa mendeteksi konten non teks, itulah mengapa gambar harus diberikan keyword dan alt teks. Jadi untuk mempercepat pengindexan sebuah halaman harus memiliki lebih banyak “teks” agar dapat dibaca oleh bot/spider.
Secara gamblang saja, banyak sekali artikel di internet mempunyai pembahasan yang sama walaupun diubah dengan bahasa yang sedemikian rupa. Tapi belum tentu jika di tanya di kolom komentar mempunyai jawaban yang sama, nah terlihat lucu kan? Yang A bilang ini, dan yang B bilang itu. Padahal topik pembahasannya sama.Itu yang saya maksud dengan konten yang relevan menurut definisi saya, dengan kata lain konten yang dibuat dengan asal-asalan tanpa mengerti dengan jelas makna sebenarnya.
2. Kata Kunci Judul Blog
Ada kompetisi yang ketat, terutama untuk kata kunci yang paling populer, jadi Anda perlu selektif dalam memilih kata kunci yang ingin Anda masukkan ke peringkat. Bila Anda memilih kata kunci populer dengan keyakinan cara ini akan membuat traffic lebih banyak, kemungkinan Anda tidak akan mendapat hasil yang baik, kecuali Anda memiliki website yang sangat kuat dan terpercaya.
Setiap kata kunci yang anda bidik untuk artikel blog anda, disarankan kata kunci tersebut harus anda letakan di judul artikel postingan blog yang bersangkutan, kemudian kata kunci yang anda bidik disarankan diletakan di awal suku kata.
Bila Anda blogger atau webmaster biasa, Anda akan memiliki website baru tanpa profil penulis yang kuat dan hanya ada beberapa tautan saja ke website Anda, maka meski Anda menulis konten terbaik tapi memilih judul yang salah, Anda tidak akan masuk peringkat sama sekali, setidaknya dalam jangka waktu pendek. Judul halaman sangat penting terutama untuk website yang tidak begitu kuat.
Memiliki judul yang teroptimasi oleh SEO lebih penting dari yang Anda kira. Judul SEO akan membantu Anda masuk peringkat lebih cepat dibanding judul yang tidak teroptimasi. Tapi yang harus Anda lakukan adalah menargetkan kata kunci dengan kompetisi rendah hingga Anda mendapat peringkat tinggi untuk kata kunci tersebut lalu coba kata kunci yang populer. Peringkat tinggi untuk kata kunci dengan kompetisi rendah akan membuat Anda memperoleh traffic dan tautan dari website lain, dan ini perlahan membuat website Anda lebih kuat dan bisa masuk peringkat untuk istilah yang lebih penting.
Banyak pakar seo yang menganggap peletakan kata kunci sekitar 100 kata pertama paragrap pertama, bisa memberikan sinyal relevansi yang baik dimata mesin pencari, namun google ranking faktor terutama yang berkaitan dengan Keyword Prominence, sangat menyarankan bahwa kata kunci sebaiknya ada disetiap paragrap atau ada disetiap 100 kata dengan begitu, sinyal relevansi antara kata kunci yang dicari dengan artikel relevan blog anda akan semakin kuat. Penempatan kata kunci sebaiknya tidak terlalu diulang-ulang didalam artikel, karena ini bisa dianggap Spam oleh robot indexs Google. Cukup menempatkan kata kunci di tiga tempat saja, yakni bagian awal, tengah, dan akhir artikel.
3. Halaman yang Disukai Google
Faktor ketiga untuk mempercepat terindexnya halaman kita oleh mesin pencari adalah apakah konten dari posting situs sudah Crawl-able atau sesuai standar Google. Jika tidak sesuai standar Google atau tidak disukai oleh Google jangan harap untuk cepat terindex apalagi masuk pagerank utama.
Entah ada hubungannya atau tidak, tapi Google tidak sudah dengan daun muda, ia lebih suka dengan yang lebih tua. Ini bukan soal selera, tapi Google menilai dari segi kematangan. Semakin tua satu blog maka nilai matangnya akan semakin tinggi. Blog dengan umur yang sudah lama tentu punya banyak keunggulan, salah satunya jumlah postingan.
Ingat bahwa saat ini algoritma Google lebih menyukai konten yang mobile friendly, dengan akses cepat dan tidak adalah hidden link. Yang paling berbahaya adalah ketika halaman Anda menyembunyikan sebuah link sehingga tidak dapat dijangkau oleh Google bot.
Saran dari google (Google Friendly Site):
◦Berikan informasi yang dibutuhkan pengunjung dengan infomasi yang berkualitas.
◦Pastikan website lain memasang link ke website Anda. Dalam menentukan ranking, Google mengkombinasikan jumlah link yang mengarah ke website Anda (pagerank) dan isi dari website Anda.
◦Buat website yang mudah dalam hal navigasi. Semua halaman harus terhubung minimal dengan satu teks link.
◦Hindari “cloaking” atau membayar SEO service, yaitu perusahaan yang menawarkan bisa meningkatkan posisi Anda pada search engine. Banyak metode yang dilakukan oleh SEO Service melanggar ketentuan google ini.
4. Jumlah Kata Artikel
Apakah artikel website Anda mempunyai jumlah kata minimal 300 kata? JIka belum ada 300 kata silakan edit lagi artkikel website Anda dan tambahkan kata sampai lebih dari 300 kata. Makin banyak jumlah kata makin cepat artikel website Anda terindex. Panjang konten berpengaruh pada peringkat. Ada banyak bukti kalau artikel yang panjang lebih berpeluang masuk peringkat lebih tinggi dibanding artikel pendek. Untuk waktu yang dibutuhkan untuk masuk peringkat, artikel mendalam tentang sebuah topik lebih memiliki kesempatan untuk masuk peringkat lebih tinggi dibanding artikel pendek tentang topik yang sama.
Jika anda bisa meramu fokus keyword dengan sempurna, maka postingan anda sanggup mendepak postingan milik blog lain di mesin pencari meskipun jumlah artikel anda hanya sedikit sekitar 200 kata. Itulah beberapa kunci rahasia kekuatan seo onpage dalam sebuah blog.
ketika konten mencapai waktu baca tiga menit, tampilan halaman juga meningkat. Sekitar 74% pembaca memilih laman web yang mempunyai waktu baca rata-rata tiga menit sementara 94% lebih memilih artikel dengan waktu baca di bawah enam menit. Ini berarti waktu optimal dari pembaca internet sebenarnya berkisar antara tiga sampai tujuh menit. Dan dengan asumsi kecepatan baca pengguna internet adalah 150 -250 kata per menit (WPM), maka didapatkan hasil jumlah kata yang ideal untuk sebuah artikel online adalah 400-1700 kata.
5. Orisinal Konten
Artikel yang ditulis dengan sendiri lebih baik dibandingkan dengan copy paste artikel orang lain. Karena artikel yang ditulis sendiri lebih mudah terindex dibandingkan dengan mengcopy paste artikel dari tetangga sebelah.Jangan harap Anda bisa masuk peringkat di Google atau mesin pencarian lain dengan konten tidak orisinil. Ini berlaku bagi post dan website. Bila website tidak memiliki konten orisinil lalu meski Anda kemudian menerbitkan konten orisinil, tetap tidak akan membuatnya masuk peringkat.
Saya hanya sekedar bercerita bahwa ada banyak salah kaprah atau ironi dalam dunianya para blogger. Tentang hal yang terkait dengan menelurkan artikel original ini, banyak blogger berteriak betapa pentingnya menulis artikel original, bla, bla, bla... tetapi sebenarnya kalau dilihat lagi isi dari tulisan mereka bahkan tidak satupun yang benar-benar original. Kebanyakan adalah penulisan ulang saja.
Hanya itu yang ingin saya sampaikan karena saya berpendapat, jangan ajarkan orang lain melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan. Jangan ajarkan pembaca menulis sebuah artikel original, kalau ternyata diri sendiri belum pernah menulis satupun.
6. Submit Artikel ke Webmaster Tools
Google Search Console dan Webmaster Bing adalah termasuk webmaster tools, daftarkan domainmu dan Kirim sitemap xml agar mesin pencari dapat mudah mengindex website dan mengatahui artikel terbaru Anda. Apabila domain baru maka direkomendasikan untuk mendaftarkan ke webmaster tools.Jika kalian sudah selesai munulis artikel dan mempublikasinnya maka langkah selanjutnya adalah menggunakan webmaster tools untuk mensubmit artikel ke google silakan masuk ke google webmaster tools. (*Jika belum mendaftar google webmaster silakan mendaftar terlebih dahulu ke webmaster*).
cara submit artikel ke webmaster tools sangatlah mudah. Anda hanya perlu ikuti beberapa langkah berikut ini :
- Silakan Anda klik link berikut ini => https://www.google.com/webmasters/tools/googlebot-fetch
- Pada bagian Fetach as Google silakan Anda ketikkan url dari artikel yang Anda ingin agar terindex Google.
- Jika sudah klik AMBIL
- Ulangi untuk cara yang sama untuk opsi Seluler:Ponsel Cerdas
- Jika sudah maka status dari artikel website Anda menjadi “Selesai” dan di kolom sampingnya ada tombol Minta pengindeksan.
- Anda klik tombol tersebut lalu akan muncul halaman. Klik centang saya bukan robot.
- Anda pilih opsi Rayapi URL ini saja lalu klik tombol KIRIM.
- Anda pilih opsi Rayapi URL ini saja lalu klik tombol KIRIM.
- Ulangi proses yang sama untuk versi Seluer:Ponsel Cerdas
- Selesai
7. Sitemap/Peta Situs
Beberapa langkahnya adalah dengan memasukan URL situs Anda ke Search Console dengan link: https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?continue=/addurl+URL+submittal .
Pengindexan akan lebih cepat jika Anda melakukan verifikasi halaman baru ke tools semacam ini. Atau langkah lain adalah dengan membuat peta situs (sitemap), maupun pertukaran link.
Membuat Sitemap/Peta Situs agar google lebih mudah membaca dan mengindefikasi halaman artikel atau postingan artikel blog ,cara mensubmit sitemap seperti dibawah ini :
catatan : "addurl+URL+submittal" kamu isi dengan format penulisan yang ada di bawah ini.
https://namablogkamu.blogspot.com/sitemap.xml
https://namablogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default
https://namablogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss
https://namablogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=500
https://namablogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated
8. Umur Domain
Umur domain juga menjadi penentu apakah artikel kamu bisa terindex dengan cepat atau tidak. Sebuah website yang sudah berumur dan dipercaya lebih mungkin untuk memiliki peringkat lebih tinggi di hasil pencarian Google dibanding website yang lebih baru. Ini tidak berarti kalau website baru tidak bisa mencapai peringkat bagus tapi berarti akan dibutuhkan waktu lebih lama.
Kita ketahui bahwa umur domain dapat didaftarkan adsense jika sudah lebih dari 2 bulan. Begitu juga dengan website agar cepat terindex mesin pencari (google) maka semakin lama umur domain maka semakin cepat terindex. Sebuah domain dianggap baru ketika aktif selama kurang dari 6 bulan. Setelah 6 bulan Anda bisa mulai mendapat traffic dari mesin pencari. Dan dengan umur domain yang lama menunjukkan kepada pengunjung bawa domain tersebut dapat dipercaya, dengan menjaga nama baik domain sampai saat ini tetap aktif.
Sekian dulu info yang bisa saya bagikan ke teman-teman kali ini dan semoga bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Berapa Lama Blog Terindex Google"
Posting Komentar